Shared Vision

Bagi seorang pemimpin perubahan, visi adalah sumber inspirasi dan energi yang akan menjadi pendamping setianya selama perjalanan mencapai keberhasilan. Visi membuatnya tidak menyerah saat tantangan menjadi lebih berat dan serasa menariknya ke belakang. Sukses dimulai dari satu tujuan. Visi atau wawasan masa depan memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi pemimpin dalam perjalanan meraih keberhasilan. Visi yang tergambar dengan jelas membuat orang bersedia untuk mengikuti. Kita tidak mau mengikuti seseorang yang tidak memiliki tujuan yang jelas. Kita mau dibawa kemana?

Dalam riset yang dilakukan Industry Week tahun 1994 terhadap 1500 pemimpin senior dari dua puluh negara termasuk Jepang, Amerika, Eropa, dan Amerika Latin disebutkan bahwa hal yang paling diinginkan dari seorang CEO adalah perasaan yang kuat terhadap visi masa depan. Hasil riset itu tampaknya masih dapat menjadi rujukan di masa kini. Kita ingin mengikuti pemimpin yang memiliki visi yang jelas. Perusahaan-perusahaan hebat memiliki kinerja yang luar biasa karena dikelola oleh pemimpin-pemimpin yang visioner. Bila Anda juga mengembangkan visi yang kuat untuk perusahaan Anda bukan tidak mungkin perusahaan Anda akan menjadi jauh lebih hebat dari sekarang.

Visi menyatakan impian atau cita-cita sebuah perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Visi adalah pernyataan want to be dari perusahaan. Bila semua orang di dalam perusahaan memahami visi perusahaan dengan baik maka akan ada perubahan yang dramatis dalam kinerja mereka. Karena mereka telah disatukan dalam tujuan yang sama.

Visi sangat diperlukan agar perusahaan tetap konsisten dalam upaya pencapaian cita-cita masa depannya. Visi akan menjadi pedoman orang dalam bekerja. Visi dapat menjadi sumber energi yang besar saat semua orang ingin berhenti berusaha karena beratnya tantangan yang ada. Visi membuat semua orang tidak menyerah dalam perjalanan mencapai puncak sukses.

Visi membuat Anda dan tim tidak hanya fokus pada rutinitas harian, tapi juga fokus pada prioritas terpenting perusahaan yang akan mengantarkan pada hasil-hasil yang luar biasa di masa mendatang. Begitu banyak pemimpin dan perusahaan yang tertipu dengan hasil-hasil pada hari ini. Mereka tidak peduli proses untuk mencapai hasilnya tidak sesuai dengan prinsip dan standar yang benar. Di masa depan perusahaan seperti ini tidak akan mampu bertahan.

Tidak ada gunanya menjadi hebat saat ini atau hanya sampai lima tahun ke depan namun setelah itu Anda mengalami kejatuhan. Visi membuat Anda tidak hanya memanen hasil di hari ini, namun juga di masa depan. Visi membuat Anda tetap fokus pada prioritas perusahaan dari waktu ke waktu sehingga perusahaan Anda tetap berada di jalur sukses di masa yang akan datang.

Saya sarankan rumusan visi tersebut singkat dan padat. Mengapa? Agar Anda mudah dalam mensosialisasikannya dan juga mudah untuk diingat dalam benak setiap orang di perusahaan Anda. Berikut ini adalah contoh visi beberapa perusahaan di Indonesia.

"Menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia." (Pertamina)

"Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecomunication, Information, Media, Edutainment dan Services(TIMES) di kawasan regional. "(Telkom Indonesia)

"Menjadi korporasi global terkemuka melalui diversifikasi dan integrasi usaha berbasis sumber daya alam." (Antam)

"Membangun lembaga keuangan syariah yang unggul dan berkesinambungan dengan penekanan pada semangat kewirausahaan  berdasarkan prinsip kehati-hatian, keunggulan sumber daya manusia yang Islami dan profesional serta orientasi investasi yang inovatif untuk memaksimalkan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan." (Bank Muamalat) 

Visi seperti di atas akan mudah meresap di pikiran dan hati setiap orang. Karyawan akan terinspirasi untuk bekerja mewujudkan visi tersebut. Visi akan membuat Anda dan perusahaan menjadi unik dan berbeda. Produk atau jasa perusahaan Anda mungkin sama dengan perusahaan lainnya, tapi visi Anda membuat perbedaan yang mencolok dalam mengerjakannya. Visi membuat semua yang kita lakukan menjadi sangat spesial. Perasaan bahwa kita sedang melakukan hal yang berbeda dengan pesaing harus dijiwai oleh semua orang di dalam perusahaan. Kita tidak mau orang memandang bahwa hal yang dilakukannya adalah hal yang biasa saja.

Visi memberikan nilai tambah terhadap apa yang sedang dikerjakan oleh orang-orang Anda. Seperti visi Marriot misalnya, "To make people away from home feel that they're among friends and really wanted." Tentu saja Marriot tidak sekedar menjual kamar untuk tamunya, namun juga menghadirkan suasana seperti di rumah sendiri bagi semua tamunya. Ini membuat semua karyawannya berusaha untuk membuat pelanggan merasa disambut seperti di rumahnya sendiri. Pelanggan tidak hanya membutuhkan produk atau jasa perusahaan Anda, mereka juga ingin menikmati pelayanan setulus hati yang mengiringi pembelian mereka. Pelayanan yang istimewa itu tidak mungkin dilakukan oleh orang yang tidak memahami visi perusahaan dengan baik.

Visi yang unik membawa kepada kebanggaan. Ini meningkatkan harga diri semua pihak yang berinteraksi dengan perusahaan. Saat karyawan bangga bekerja untuk perusahaan dengan visi yang unik dan pelanggan bangga dengan layanan perusahaan Anda maka Anda memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi semua pihak. (Bambang Triyawan)

Administrator

  27 Mar 2020

Kontak Kami