Tujuan Kontributif

Tujuan seperti apakah yang ideal? Tujuan yang ideal harus dapat menggerakkan kita untuk melakukan yang terbaik dalam seluruh peran kehidupan yang kita miliki. Tujuan itu fokus pada apa yang dapat kita berikan, bukan apa yang dapat kita terima. Tujuan itu fokus pada ingin menjadi seperti apa kita dalam setiap peran yang kita miliki, dan keberhasilannya benar-benar diukur dari apakah kita menjadi seperti sosok ideal yang kita impikan di masa depan atau tidak.

Dalam merumuskan tujuan yang kontributif kita menggali apa sesungguhnya panggilan jiwa dalam hidup kita. Kita memikirkan bagaimana akan berkontribusi secara luar biasa bagi kehidupan orang banyak. Kita akan berpikir bagaimana memberikan nilai tambah bagi organisasi atau perusahaan. Mereka yang memikirkan kontribusi akan memfokuskan energi dan pikirannya untuk memberikan kinerja terbaik.

Saya yakin orang-orang sukses berpikir mengenai kontribusi unik di awal mereka menapaki jalan kesuksesan. Mereka mulai dengan memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk membuat perbedaan yang berarti. Memiliki kejelasan tentang kontribusi seperti apa yang ingin kita berikan menciptakan motivasi yang dalam dan kuat. Sebuah gerakan perubahan dimulai dari tujuan kontributif dari satu hingga jutaan orang.

Kita sekarang hidup di era pengetahuan, bukan sekedar di era industri. Di era industri kita hanya memandang diri hanya bagian dari sebuah fungsi dalam organisasi, namun di era pengetahuan kita dituntut untuk lebih kreatif dan memberikan kontribusi secara signifikan bila ingin memiliki eksistensi jangka panjang. Di era sekarang kita harus terlibat penuh dalam upaya memacu kinerja organisasi. Bahkan mereka yang tidak peduli dengan perkembangan organisasi tidak akan diberi kepercayaan lebih besar oleh organisasi.

Tujuan yang kontributif sangat jauh berbeda dengan tujuan yang materialistik. Tujuan materialistik akan menciptakan gairah dan semangat yang bersifat sesaat atau sementara. Tujuan kontributif memompakan semangat dan gairah tanpa batas untuk bekerja dengan luar biasa dan saat tercapai kita akan terdorong untuk terus konsisten dalam bekerja dan melayani orang banyak. Tujuan kontributif cenderung akan kita bawa sampai mati.

Ada manager yang terus memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan melalui akselerasi produktivitas timnya. Ada staf marketing yang terus berusaha menghasilkan penjualan. Ada staf purchasing yang terus bekerja secara jujur untuk menyediakan bahan baku material untuk produksi dan operasional perusahaan. Ada staf keuangan yang terus bekerja secara profesional untuk menyajikan laporan keuangan yang akurat dan terpercaya. Ada jutaan orang yang bekerja fokus pada kontribusi yang dapat mereka berikan. Seharusnya kitapun lebih fokus pada kontribusi dalam bekerja.

Memiliki tujuan kontributif adalah langkah pertama untuk mengembangkan diri kita menjadi the outstanding performer. Tujuan akan menggerakkan kita ke masa depan yang lebih baik. (Bambang Triyawan)

Facebook
Twitter
Email
Print
Bambang Triyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Insight